Cara Mudah Menghemat BBM Baik Untuk Mobil dan Motor





Anakregular.com | Kendaraan untuk saat ini bisa dikatakan sebagai kebutuhan yang tak bisa lepas dari kehidupan manusia. Kendaraan baik itu sepeda motor dan mobil merupakan kebutuhan berupa alat transportasi yang digunakan untuk berkendara atau sekedar penunjang dalam mempermudah semua aktivitas sehari-hari. 

Hampir semua orang punya satu jenis kendaraan yang disimpan dan digunakan sehari-hari, dalam hal ini sepeda motor bisa dikatakan paling banyak dimiliki oleh setiap keluarga. Yang jadi masalah adalah, sepeda motor dan mobil perlu bahan bakar untuk digunakan, dan bahan bakar inilah di jual dengan harga yang tak murah, hampir setiap tahunnya mengalami peningkatan harga yang sangat signifikan. 

Jika tidak hemat maka akan terlihat boros karena terlalu banyak mengeluarkan uang untuk membeli bahan bakar motor. Karena itulah berperilaku hemat terhadap penggunaan BBM wajib Anda lakukan. Atau pun Anda bisa menghemat BBM dengan tidak menggunakan kendaraan dan memakai transportasi umum yang sudah di berikan pemerintah. 

Dengan begitu Anda tak perlu membeli BBM dan jalan pun tak semakin macet karena pengguna kendaraan pribadi semakin berkurang. Namun yang jadi masalah adalah keluar dari zona kenyamanan kendaraan pribadi ini sangat susah, orang enggan naik kendaraan umum karena lama dan kurang nyaman, dan lebih memilih kendaraan pribadi yang dirasa lebih bebas dan lebih cepat sampai tujuannya.

Nah karena itulah, bagi yang tidak bisa lepas dari kendaraan pribadi namun ingin mencoba hemat dalam BBM bisa melakukan beberapa cara. Seperti yang akan kami bahas dalam artikel ini yakni tetang cara mudah menghemat BBM baik untuk mobil dan motor yang bisa Anda praktekkan dirumah. 

Cara Mudah Menghemat BBM Baik Untuk Mobil dan Motor

Dalam hal ini cara melakukan hemat BBM ini bisa dilakukan berdasarkan 3 Kategori, mulai dari Menghemat bahan bakar berdasarkan tempat dan cara mengisi BBM, Menghemat BBM dari cara mengemudi atau menggunakan kendaraan, dan terakhir cara menghemat BBM dari cara perawatan kendaraan. So mari kita ulas satu persatu..

Cara Mudah Menghemat BBM Mobil dan Motor


Cara Pertama : Berhemat BBM Berdasarkan Tempat dan Cara pengisian BBM :

Minta Petugas SPBU agar Tidak Menekan Tuas Selang

Terbilang aneh yah, namun ini harus Anda lakukan, karena banyak pengalaman pengguna motor yang sering melihat petugas di SPBU melakukan kebiasaan-kebiasaan menekan nekan tuas selang. Diyakini bawa kebiasaan tersebut akan mengubah takaran BBM sehingga jumlah BBM yang masuk ke dalam tanggi menjadi lebih sedikit. So dengan begitu bukannya hemat malah uang yang dikeluarkan untuk mengisi full BBM menjadi membengkak.

Mengisi BBM di Pagi Hari

Apakah ada hubungannya mengisi BBM di pagi hari dengan hemat BBM, jawabannya ada kawan. Tentu kita tahu yah, jika tangki tempat penyimpanan BBM semua SPBU berada di bawah tanah. Dikatakan bahwa semakin dingin tanahnya maka semakin pada atau kental bahan bakarnya. Sementara jika suhu tanah sudah mencapai hangat atau lebih parahnya panas maka bahan bakar di dalam tangki akan mengembang. Jadi cara terbaik untuk hemat bbm ini adalah dengan datang di pagi hari ke SPBU untuk mengisi bahan bakar, karena suhu di pagi hari tanahnya masih dingin.

Isi tangki Motor Mobi di saat masih setengah penuh

Sangat tidak disarankan Anda untuk menunggu sampai habis BBM di tangki motor atau mobil. Jangan dibiasakan kosong atau sedikit isi bahan bakar didalam tangki. Apalagi sampai kehabisan di tengah jalan sangat tidak di rekomendasikan. Ada baiknya jika tangka sudah setengah penuh Anda langsung mengisi kembali. Hal ini bukan hanya menghemat pengeluaran juga mengatasi timbulnya penguapan bahan bakar didalam tangki tersebut.

Jangan Mengisi di Pom Mini atau Kios Bensin 2 Tak

Selain karena takaran literanya sangat kurang, kadang kita juga sering menemukan kenakalan para penjual BBM di pom mini atau di kios 2 tak yang berbuat nakal. Kejernihan dan juga kemurnian bahan bakar di tempat tempat tersebut sangat tidak terjaga. Terlebih lagi takaran untuk setiap literannya sangat sangat sedikit beda jauh dari takaran di SPBU, so jika ingin hemat yah mengisinya ke SPBU langsung..

Cara Kedua Menghemat BBM dari Cara Mengemudi dan Menggunakan Motor

Kemudikan mobil atau motor sesuai batas kecepatan

Mungkin Anda yang terbiasa dengan kebut-kebutan dan juga main kasar saat berkendara, maka jangan berpikir Anda bisa menghemat BBM di mobil atau motor Anda. So semakin cepat mobil Anda di kemudikan tentu konsumsi bahan bakarnya semakin banyak, hal ini tangki bbm akan cepat habisnya. Untuk itulah cara mudah untuk hemat bbm adalah dengan mempertahankan laju kecepatan kendaraan berdasarkan batas kecepatan maksimal yang terlah ditentukan.

Mengatur Putaran Mesin

So, cara ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar yang ada. Semakin cepat putaran mesin yang Anda setel tentu konsumsi bahan bakar nya pun akan semakin lebih besar. Karena itulah aturlah putaran mesin di angka batas wajar dan standar pabrikan.

Menambah Kecepatan secara bertahap

Yosh menambah kecepatan dengan langsung menekan pedal gas secara langsung tentu akan membuat konsumsi bahan bakar semakin boros. Untuk itulah gunakan kecepatan yang wajar, dan jika ingin menambah kecepatan lakukan secara bertahap dan jangan lupa atur gigi gigi sesuai dengan kedaan jalan, jangan sampai di tanjakan Anda menggunakan gigi tinggi dan di jalan lurus Anda menggunakan gigi rendah.

Memarkir di Tempat  Teduh

Yosh, di tempat teduh Anda berparkir mobil atau motor tentu akan membuat nyaman kendaraan Anda, serta penguapan bahan bakar pun akan semakin sedikit.

Cara Ketiga : Cara Hemat BBM Berdasarkan Cara merawat dan Konsisi Kendaraan

Buatah mobil Anda menjadi Lebih ringan

Semakin berat beban yang di paksakan pada kendaraan baik itu mobil atau motor tentu akan berdampak dengan konsumsi bahan bakar yang digunakan. Karena itulah gunakan syarat dan ketentuan yang berlaku berapa beban yang di sarankan jangan di paksakan.

Rutin Mengganti atau membersihkan Saringan Udara

Jika saringan udara kotor, tentu tenaga mobil semakin lambat dan konsumsi bahan bakar malah menjadi lebih boros.

Gunakan Ban yang hemat energi

Yosha bagi pengguna mobil khususnya, dikatakan saat ini produsen memproduksi kendaraan hemat energi, adapun perubahan yang digunakan dalam mobil hemat energi ini adalah jenis ban yang digunakan. Ban yang berat tentu akan membuat kinerja mesin menjadi lebih keras lagi. Untuk itulah gunakan ban yang hemat energi dan ringan. Agar kinerja mesin tidak terlalu berat dan bbm pun menjadi hemat alias irit tidak banyak terbuang sia-sia.

Ganti Oli Dengan Oli Sintetis 

Dengan menggunakan oli sintetis dikatakan Anda akan menghemat sekitar 5% konsumsi bahan bakar, serta oli sintetis lebih awet dan tahan lama kekentalannya karena bisa digunakan untuk waktu yang cukup lama..





Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com dengan judul "Cara Mudah Menghemat BBM Baik Untuk Mobil dan Motor" Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.
Loading...

0 Response to "Cara Mudah Menghemat BBM Baik Untuk Mobil dan Motor"

Post a Comment

Silahkan berkomentar Sesuai dengan Topik yang dibahas..