Cara Tambal Ban Tubeless Sendiri Dengan Mudah





Anakregular.com | Saat ini ban tubeless merupakan merek ban yang sudah banyak digunakan oleh pengendara. Ban ini punya tampilan yang cukup beda dengan ban yang biasa di gunakan. Dalam penggunaannya ban tubeless tidak memelukan ban dalam untuk dijadikan tempat menampung angin. Hanya dengan ban luar saja di bantu dengan pentil khusus ban tubeless bisa tetap keras dan kuat meski tidak menggunakan ban dalam. Namun masalahnya ketika ban bocor apakah cara nambal nya sama dengan cara menambal ban konvensional?

Ternyata, untuk menambal ban tubeless sangat berbeda dengan cara menambal ban yang sering kita lihat di pinggiran jalan. Karena ban tubelees tidak di tambal dengan di gosok dan di panaskan dalam sebuah wajan melainkan di tambal dengan alat khusus dan juga sebuah karet khusus untuk ban tubeless. Enaknya, tambal ban tubeless bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus membongkar ban, hanya dengan alat khusus yang banyak di jual di bengkel-bengkel Anda bisa menambal ban tubeless sendiri tanpa harus pergi ke tempat tambal ban.

Untuk itulah, jika motor atau mobi Anda sudah menggunakan ban tubeless maka penting rasanya Anda untuk membeli alat penambal ban tubeless yang biasa di jual di toko dengan nama Tire repair kit. Harganya pun tidak terlalu mahal, dan kelengkapan alatnya pun sudah cukup maksimal, disimpan dalam bagasi juga bisa karena tidak menghabiskan ruang untuk menyimpan. Dalam satu paket tire repair kit biasanya terdiri dari alat congkel, atau pelubang, pengait, lem tambal, amplas dan juga alat tambal itu sendiri. Biasanya alat ini dijual tak lebih dari 50 ribu rupiah per paketannya.

Adapun cara menggunakan tire repair kit untuk tambal ban tubeless terbilang sangat mudah, karena dalam hitungan menit Anda sudah bisa menambal ban tubeless tanpa harus pergi ke tempat tambal ban. Mau tahu cara benarnya, silahkan simak kawan...

Cara Tambal Ban Tubeless Sendiri Dengan Mudah


Copot Paku

Cara Tambal Ban Tubeless Sendiri Dengan Mudah

Langkah pertama yang mungkin bisa Anda lakukan adaah melepaskan paku yang menempel pada ban. Untuk mencopotnya Anda bisa menggunakan tang yang biasa Anda bawa untuk keperluan mendadak. 

Lubangi titi yang bocor

Cara Tambal Ban Tubeless Sendiri Dengan Mudah

Setelah paku di cabut atau benda lain yang menancap di ban di copot, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melubangi titik kebocoran dengan alat pembuka lubang yang ada di paket tire repair kit. Biasanya alat pembuka lubang ini ujungnya seperti mur. Masukkan alat tersebut sekuat tenaga lalu putar maju dan mundur sampai lubang benar-benar longgar.

Masukkan Tambal Ban

Cara Tambal Ban Tubeless Sendiri Dengan Mudah

Setelah lubang longgar, silahkan ambil tambal ban yang terbuat dari karet di paketan tire repair kit tadi. Bahan inilah yang akan Anda gunakan untuk menutup dan menambal bagian yang bocor. Cukup gunakan setengah bagian karet jangan terlalu panjang jangan terlalu sedikit takutnya tak muat. Masukkan karet penambal tersebut ke lubang dengan menggunakan pengait yang telah Anda lumuri dengan lem. Masukkan hingga setengah inci, jangan semuanya. Setelah itu caput pelan-pelan alat pengait tadi.

Tunggu Karet Sampai mengering.

Cara Tambal Ban Tubeless Sendiri Dengan Mudah

Setelah selesai menutup lubang dengan karet, tambal ban tubeless sendiri sudah Anda lakukan. Adapun langkah selanjutnya adalah menunggu karek kering dan lem benar-benar merekat pada ban. Biasanya sepuluh menit karet sudah kering. Jika sudah, silahkan gunting bagian karet yang menonjol di ban.

Isi Angin

Cara Tambal Ban Tubeless Sendiri Dengan Mudah

Terakhir, jika semuanya sudah benar-benar beres dan karet penambal ban sudah kering. Silahkan isi ban tubeless Anda dengan angin, jika Anda punya kompressor isi menggunakan kompressor namun jika Anda dalam sebuah perjalanan silahkan isi dengan pompa angin mini yang di injak. Nah mungkin untuk yang terakhir ini Anda juga harus sedia pompa angi di bagasi motor atau mobil Anda. 





Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com dengan judul "Cara Tambal Ban Tubeless Sendiri Dengan Mudah" Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.
Loading...

0 Response to "Cara Tambal Ban Tubeless Sendiri Dengan Mudah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar Sesuai dengan Topik yang dibahas..