Mengenal Nama Pahlawan Di Mata Uang Rupiah Terbaru

loading...
loading...
Anakregular.com | Setelah sekian lama akhirnya Bank Indonesia melakukan perubahan kembali terhadap bentuk dan juga nama-nama pahlawan di pecahan mata uang rupiah terbaru. Seperti yang kita tahu nama pahlawan di mata uang rupiah terbaru ini banyak yang berubah kecuali di pecahan 100 ribunya yang masih menggunakan gambar dari dua sosok proklamator Indonesia.

Bisa dikatakan desain uang rupiah terbaru ini sangatlah unik, dan rasanya ingin segera memilikinya (saya belum punya soalnya). Seperti pecahan-pecahan sebelumnya, rupiah yang baru juga di bagi dalam beberapa pecahan namun semuanya mengalami perubahan dalam segi corak, warna dan juga desain gambar yang digunakan. Yang unik dari mata uang rupiah baru ini adalah nama-nama pahlawan yang di gunakan.

di pecahan rupiah terbaru ada beberapa nama pahlawan terpilih yang sebagian sudah dikenal oleh banyak orang dan sebagian lagi belum banyak yang dikenal. Karena sebagian dari nama pahlawan di rupiah terbaru belum terpampang di buku sejarah anak sekolah. Karena itulah anakregular kali ini akan memberikan informasi singkat akan sepak terjang dari pahlawan-pahlawan terpilih di pecahan mata uang Indonesia terbaru.

Mau tau siapa saja dan berasal darimana mereka, berikut adalah ulasan singkat mengenal nama pahlawan di mata uang rupiah terbaru Indonesia. Silahkan disimak kawan..

Mengenal Nama Pahlawan Di Mata Uang Rupiah Terbaru
Pahlawan pilihan terbaru di pecahan kertas rupiah terbaru


Nama Pahlawan Di Mata Uang Rupiah Terbaru


Pahlawan Soekarno dan Mohammad Hatta di Uang Pecahan 100 Ribu Rupiah

Dua sosok proklamator yang telah memberikan kemerdekaan bagi NKRI ini masih belum bisa tergantikan dan tetap menjadi salah satu nama pahlawan di mata uang rupiah terbaru. Jasa dan juga perjuangan dua pahlawan negara ini memang tak bisa di lupakan begitu saja, karena itulah dua bapak hebat ini sampai saat ini masih tetap setia dan tetap digunakan pemerintah Indonesia sebagai simbol utama di pecahan uang rupiah untuk 100 ribu. Perlu di ketahui pecahan 100 rupiah sendiri bagi rakyat Indonesia merupakan pecahan dengan nilai tertinggi.

Cerita singkat, Ir Soekarno yang menjadi presiden Republik Indonesia pertama ini lahir dengan nama Koesno Sosrodharjo pada 6 Juni 1901. Beliau menjabat menjadi presiden pertama Indonesia pada periode 1945 sampai dengan 1966. Sedangkan Mohammad Hatta yang merupakan sahabat sekaligus wakil presiden Indonesia pertama lahir dengan nama lengkap Mohammad Athar pada 12 Agustus 1902. Dua sosok tersebut merupakan orang penting yang tanpa mereka mungkin Indonesia tidak akan merdeka sampai sekarang.

Nama Djuanda Kartawidjaja Sosok Pahlawan di Pecahan uang 50 Ribu Rupiah

Mungkin belum banyak yang familiar dengan nama Djuanda Kartawidjaja sebagai salahs atu pahlawan Indonesia. Djuanda Kartawidjaja lahir di Tasikmalaya pada 14 Januari 1911. Beliau diangkat menjadi salah satu pahlawan Indonesia setalah mendapatkan surat keputusan presiden RI No.244/1963. Sebagai seorang pahlawan penuh jasa Djuanda Kartawidjaja pun menjadi satu satu Pahlawan Di Mata Uang Rupiah Terbaru.

Sosok yang pernah menjabat sebagai perdana menteri Indonesia ke-10 dan pernah melakukan deklarasi Djuanda pada tahun 1957 atas kepemilikan Laut Indonesia ini menjadi gambar utama di pecahan uang kertas 50 ribu rupiah. Selain menjadi nama pahlawan di pecahan uang rupiah tersebut, nama beliau juga diabadikan menjadi sebuah nama bandar udara di Surabaya, Jawa Timur.

Nama Gerungan Saul Samuel Jozias Ratulangi Sosok Pahlawan di Pecahan uang Kertas 20 Ribu Rupiah

Di pecahan uang kertas 20 rupiah terbaru juga ada pergantian nama pahlawan, adalah sosok bernama Gerungan Saul Samuel Jozias Ratulangi yang menjadi nama pahlawan terpilih untuk menjadi desain utama di pecahan 20 ribu rupiah terbaru. Apakah Anda sudah tahu siapa beliau dan bagaimana sepak terjangnya hingga akhirnya diangkat sebagai pahawan Indonesia? 

Gerungan Saul Samuel Jozias Ratulangi diangkat menjadi salah satu pahlawan Indonesia berdasarkan surat keputusan presiden no 590 tahun 1961 yang di keluarkan pada tanggal 9 November 1961. 

Sebelum Indonesia memerdekakan diri dari penjajahan. Tepatnya pada masa penjajahan Jepang, nama pahlawan yang satu ini pernah ikut andil menjadi salah satu anggota panitia persiapan kemerdekaan Indoensia. Lantas setelah Indonesia Meredeka, beliau pun diangkat menjadi Gubernur Sulawesi. Beliau juga sangat berjasa dalam perjuangan melawan pembodohan dan kolonialisme Belanda di Manado.

Nama Frans Kaisiepo Sosok Pahlawan dari Papua di Pecahan Kertas 10 Ribu Rupiah

Ada yang unik dari perubahan besar desain dan juga nama pahlawan yang dipilih. Kini didesain terbarunya rupiah menjadikan sosok pahlawan dari Timur tanah Papua sebagai gambar utama uang rupiah terbaru yakni di pecahan 10 ribu rupiahnya. Adalah sosok pahlawan bernama Frans Kaisiepo yang lahir dan besar di Biak papua pada tanggal 1921.  Adapun gelar kepahlawanan beliau dapatkan setelah mendapatkan surat keputusan presiden nomor 077/TK.1993 pada tanggal 14 September 1993.

Dalam perjuangannya, beliau menjadi tembok badan yang menentang kolonial Belanda di masa lalu yang ingin menguasai Papua. Kala itu Belanda ingin mendirikan Negara Indonesia Timur, namun dengan segala perjuangannya Frans Kaisiepo berhasil menggagalkan rencana Belanda tersebut. Bahkan dikatakan jika beliau menggantin nama Netherland Nieuwe Guinea dengan Irian yang merupakan singkatan dan Ikut Republik Indonesia Anti Netherland.

Frans Kaisiepo bersama dengan rakyat Biak kemudian terus mengadakan perlawanan menentang Belanda di Irian. Ia pun kemudian diangkat menjadi gubernur pertama Irian. Dan menjadi pahlawan dari tanah Papua yang terpilih menjadi nama pahlawan di mata uang terbaru Indonesia. Semoga Papua lebih maju yah..

Nama Idham Chalid Sosok Pahlawan di Pecahan uang 5 ribu rupiah Terbaru

Apakah Anda kenal dengan sosok pahlawan bernama Idham Chalid? Idham Chalid adalah sosok pahlawan yang lahir dan besar di tanah Kalimantan Selatan. Beliau merupakan seorang politikus yang punya pengaruh besar bagi Indonesia. Dalam perjalanan dunia perpolitikannya beliau pernah menjabat sebagai Wakil perdana menteri Indonesia pada kabinet Djuanda. Atas jasanya nama Idham Chalid dipilih untuk menjadi gambar pahlawan di mata uang 5 ribu rupiah terbaru.

Adapun gelar kepahlawanan beliau dapatkan berdasarkan Keppres Nomor 113/TK/Tahun 2011 tanggal 7 November 2011. Idham Chalid merupakan tokoh Nahdlatul Ulama (NU).Pada Muktamar NU ke-21, Idham terpilih menjadi ketua umum PBNU. Saat dipercaya menjadi orang nomor satu NU ia masih berusia 34 tahun.

Nama Mohammad Hoesni Thamrin Pahlawan di Pecahan 2 ribu rupiah terbaru

Dari catatan buku sejarah, Mohammad Hoesni Thamrin merupakan sosok pahlawan yang menjadi salah satu perintis Revolusi kemerdekaan Indonesia. Beliau semasa hidupnya dikenal sebagai salah satu tokoh dari organisasi Kaoem Betawi yang pertama kali menjadi anggota Dewan Rakyat di Hindia Belanda untuk menjadi perwakilan dari kelompok pribumi. Atas jasanya beliau dipilih untuk menjadi gambar utama pecahan uang 2 ribu rupiah terbaru.

Nama Tjut Meutia Pahlawan Wanita di Pecahan 1000 rupiah terbaru

Tak banyak yang kenal dengan sosok pahlawan yang satu ini. Pahlawan wanita dari Aceh bernama  Tjut Meutia ini mendapatkan gelar kepahlawanan berdasarkan surat keputusan presiden no 107/1964 pada tahun 1964. Atas jasa dan juga sepak terjangnya nama Tjut Meutia dipilih menjadi nama pahlawan di mata uang rupiah terbaru tepatnya di pecahan 1000 rupiahnya.

Semasa hidupnya Tjut Meutia dikenal sebagai seorang pejuang yang hebat. Semasa penjajahan beliau bersama suaminya terus melakukan perlawanan terhadap invasi yang dilakukan oleh Belanda. Namun pada bulan Maret 1905, Tjik Tunong berhasil ditangkap Belanda dan dihukum mati di tepi pantai Lhokseumawe.

Silahkan Jangan Lupa Tonton Juga :
Video Kasus Kasus Anak Durhaka yang Menggugat Ibu Kandung Ke Pengadilan
Dibawah ini :


Loading...
loading...

0 Response to "Mengenal Nama Pahlawan Di Mata Uang Rupiah Terbaru"

Post a Comment

Silahkan berkomentar Sesuai dengan Topik yang dibahas..