Negara Besar Yang Hilang dari Peta Dunia, Kisahnya Miris Sekali!!

loading...
loading...
Anakregular.com | Seperti yang kita ketahui bersama saat ini sekiranya ada 200 negara berdaulat dan merdeka di dunia yang diakui keberadaannya oleh badan perserikatan bangsa bangsa atau yang lebih dikenal dengan nama PBB. Banyak negara yang tersebar di beberapa benua besar seperti ASIA, Afrika, Eropa dan yang lainnya. Dan dari banyaknya negara tersebut ada yang luasnya besar dan kecil. Namun tahukah Anda dalam catatan sejarah ternyata ada negara besar yang hilang dari peta dunia dan kini tinggal kenangan saja.

Yaps sebelum PBB ada dan di masa lalu perang adalah sesuatu yang sangat rutin dilakukan. Banyak negara yang saling berlomba memperluas daerah kekuasaan dengan cara berperang. Sebagian ada yang berhasil dan menjadikan beberapa bagian wilayah menjadi satu negara yang utuh. 

Namun sejarah mencatat, di kala perang dunia usai dan si pencetus Jerman dengan Nazinya kalah beberapa negara besar malah menjadi korban dari pemberontakan yang dilakukan wilayah-wilayahnya dari dalam. Al hasil beberapa negara besar mengalami kemunduran dan pada akhirnya hilang dari peta dunia.

Seperti yang dialami oleh negara-negara besar berikut ini. Di masa keemasannya negara ini punya citra yang sangat bagus namun setelah hancur negara ini malah tak bersisa dan menjadi negara-negara kecil yang merdeka dan lebih modern. Seperti apa silahkan simak ulasan singkatnya berikut ini :

Negara besar yang hilang dari peta dunia


Negara Jerman Timur 1949-1990

Negara Besar Yang Hilang dari Peta Dunia, Kisahnya Miris Sekali!!

Setelah perang dunia kedua dan Jerman selaku otak di balik terjadinya perang mengerikan tersebut kalah akhirnya dibagi menjadi dua kekuasaan. Dimana Jerman yang kala itu di kuasai Nazi di bagi menjadi dua bagian yakni Jerman Bagian Barat dan Jerman bagian timur. 

Jerman Barat pada hakikatnya di kuasai oleh Amerika Serikat dan Jerman Timur oleh si Komunis Unisoviet. Untuk memisahkan dua negara satu ibu ini dibuatlah sebuah tembok yang sangat besar yang kita kenal dengan sebutan Tembok Berlin. Dalam perjalanannya usia hidup negara Jerman Timur ini tidaklah lama, situasi dan ekonomi yang jauh tertinggal dari Jerman Barat membuat Jerman Timur tidak ada harapan untuk di lanjutkan. 

Hingga pada akhirnya di kala Tembok Berlin runtuh kesatuan Jerman Timur pun kembali menyatu lagi dengan Jerman Barat dan di tahun 1990 dua negara ini berubah menjadi negara Jerman seutuhnya. Kini Jerman Timur menjadi sebuah kenangan dan menjadi salah satu negara Besar yang hilang dari peta dunia.

Negara Cekoslavia di tahun 1918-1992

Negara Besar Yang Hilang dari Peta Dunia, Kisahnya Miris Sekali!!

Negara yang hilang dari peta dunia ini dahulunya adalah sebuah negara besar yang terkenal di benua biru Eropa. Adapun cikal bakal hilangnya negara besar di tanah biru Eropa ini di kala Jerman dengan Nazinya melakukan invasi dan melakukan penyerangan hingga pada akhirnya pemerintahan negara Cekoslavia jatuh ke tangan Jerman di tahun 1939. Namun setelah perang dunia kedua berakhir dan Jerman kalah negara besar ini pindah alih kekuasaan ke tangan si komunis Uni Soviet.

Saat di kuasai Uni Soviet negara Cekoslavia di ubah alih menjadi sebuah negara satelit unisoviet hingga akhir hayat di komunis yang bubar dan punah di tahun 1991. Dan dari sanalah ketika Uni Soviet hilang Cekoslavia berusaha membangkitkan kembali negara demokrasi mereka. 

Namun sayang bukan menjadi satu negara besar cekoslavia lagi, akan tetapi setelah Uni Soviet hilang negara Cekoslavia ini terpecah menjadi beberapa negara independen seperti negara Republik Ceko di bagian barat, dan negara slovakia di bagian timurnya. Kini nama Cekoslavia hanya menjadi sebuah nama negara besar yang hilang dari peta dunia. Sedih yah..

Negara Yugoslavia di Tahun 1918-1992

Negara Besar Yang Hilang dari Peta Dunia, Kisahnya Miris Sekali!!

Selain negara Cekoslavia negara besa yang hilang dari peta dunia khususnya di benua biru Eropa Lainnya adalah Yugoslavia. Dalam catatan sejarahnya negara ini merupakan negara dari pecahnya kekaisaran Austro Hungaria yang menguasai tanah Eropa di era setelah perang dunia pertama. 

Sebelum hilang dari peta dunia negara besar ini merupakan sebuah wilayah yang dibagi menjadi dua bagian yakni Hungaria dan Serbia. Namun perjalanan negara besar ini selesai ketika di tahun 1941 negara Jerman dengan Nazinya berhasil melakukan invasi dan menguasai Yugoslavia.

Setelah perang dunia kedua usai dan nazi di bubarkan, di tahun 1945 negara Yugoslavia entah cara bagaimana berhasil menghindar dari kependudukan Uni Soviet namun tidak dengan sistem komunis yang menjadi ideologi paksa di negara tersebut. Di bawah kediktatoran sosialis Marsekal Josip Tito, pemimpin Tentara partisan selama Perang Dunia II Yugoslavia tetap sebuah republik sosialis nonblok otoriter sampai tahun 1992. 

Ketika ketegangan internal dan nasionalisme bersaing mengakibatkan perang saudara. Negara ini kemudian terpecah menjadi enam negara yang lebih kecil (Slovenia, Kroasia, Bosnia, Serbia, Macedonia, dan Montenegro) membuatnya menjadi contoh baik apa yang terjadi ketika asimilasi budaya, etnis, dan agama gagal. 

Negara Austro-Hungaria, 1867-1918

Negara Besar Yang Hilang dari Peta Dunia, Kisahnya Miris Sekali!!

Negara Austro Hungaria merupakan negara besar yang dulunya merupakan ibu dari negara besar lainnya seperti Cekoslavia dan Yugoslavia. Negara Autro Hungaria merupakan negara besar yang ada dan berjaya setelah era perang dunia pertama selesai negara ini dikenal sebagai negara yang punya kekuasaan terbesar di Eropa. 

Namun dikala negara ini kehilangan sosok penguasa yakni kaisar Austro Hungaria, negara ini menjadi terpecah belah dan pada akhirnya menjadi negara besar yang hilang dari peta dunia.

Pembubaran negara Austro Hungaria menghasilkan beberapa negara kecil dan modern seperti Austria, Hungaria, Cekoslavia, dan Yugoslavia. Sementara itu beberapa wilayah kecil lainnya ada yang bergabung dengan Italia, Polandia, dan Rumania. 

Namun dari empat negara pecahan Austro Hungaria mungkin yang masih eksis sampai sekarang adalah Austria dan Hungaria. Karena dua negara lainnya seperti yang dijelaskan diatas menjadi dua negara yang sama-sama hilang dari peta dunia.

Negara Tibet di tahun 1913-1951

Negara Besar Yang Hilang dari Peta Dunia, Kisahnya Miris Sekali!!

Dari catatan sejarah negara Tibet merupakan negara besar yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Negara ini merupakan negara yang sangat damai dan sejahtera. Namun semuanya menjadi mengerikan ketika si Komunis China datang dan melakukan invasi besar di Tibet di tahun 1951. Dalam waktu yang sangat singkat negara kedaulatan Tibet hilang dan di kuasai oleh China. 

Walau di tahun 50-an negara ini juga pernah melakukan pemberontakan dan berusaha mengusir China dari tanah Tibet namun pada akhirnya permberontakan mereka menjadi sia-sia saja. Dan diakhir tahun 1959 seluruh identitas yang berhubungan dengan Tibet di hiangkan oleh pemerintah China.

Kini Tibet menjadi negara besar yang hilang dari peta dunia. Walau dalam peta masih ada nama Tibet namun oleh orang China sendiri Tibet tidak disebut sebuah negara mereka namun di katakan sebagai wilayah dari China.

Negara Uni Soviet di Tahun 1922-1991

Negara Besar Yang Hilang dari Peta Dunia, Kisahnya Miris Sekali!!

Terakhir negara besar yang hilang dari peta dunia dan kini hanya tinggal kenangan saja adalah negara besar  yang pernah menguasai hampir semua wilayah di Eropa. Siapa dia? Negara tersebut adalah Uni Soviet. Dikatakan dalam sejarahnya negara ini merupakan negara adikuasa dengan sistem komunis yang dijadikan sebagai ideologinya. 

Semasa perang negara ini bersama Amerika menjadi dua negara yang di takuti. Setelah perang dunia kedua selesai wilayah kekuasaan Unisoviet terus bertambah termasuk dua negara besar yang hilang lainnya seperti Cekoslavia dan Yugoslavia juga pernah menjadi bagian dari Uni Soviet.

Namun nama besar Uni Soviet tak bertahan lama setelah runtuhnya Tembok Berlin di Jerman. Runtuhnya Tembok Berlin inilah menjadi cikal bakal keluarnya beberapa wilayah yang memerdekakan diri dari pemerintahan komunis Uni Soviet. Kini negra besar yang hilang ini masih tetap menjadi negara yang sangat luas di Eropa dengan nama baru yakni negara Rusia.

Loading...
loading...

0 Response to "Negara Besar Yang Hilang dari Peta Dunia, Kisahnya Miris Sekali!!"

Post a Comment

Silahkan berkomentar Sesuai dengan Topik yang dibahas..