Negara Dengan Sistem Pemerintahan Terbaik di Dunia

loading...
loading...
Anakregular.com | Sistem pemerintahan suatu negara punya peranan yang sangat penting bagi kemajuan dan perkembangan suatu negara. Sistem pemerintahan yang baik tentu akan membawa hasil yang baik pula bagi perkembangan negara tersebut. Di dunia ini kita mengenal beberapa sistem pemerintahan yang di adopsi oleh suatu negara. Mulai dari sistem pemerintahan demokrasi hingga sistem pemerintahan monarki. Namun yang jadi pertanyaan dari dua sistem tersebut negara manakah yang disebut-sebut sebagai negara dengan sistem pemerintahan terbaik? Apakah yang demokrasi atau yang monarki?

Memang dua pemerintahan tersebut sama-sama bagus jika dilaksanakan secara terbuka. Namun melihat fakta dilapangan banyak sekali yang gagal dan bahkan sistem pemerintahan menjadi kacau karena sistem yang di adopsi tidak dilaksanakan dengan baik. Meski begitu, ada juga beberapa negara yang berhasil dan bahkan menjadi yang terbaik dari negara lainnya yang sama-sama mengadopsi sistem pemerintahan serupa. Seperti yang dilakukan oleh beberapa negara berikut ini. Silahkan simak kawan..

Negara dengan Sistem Pemerintahan Terbaik 


Pemerintahan Terbaik Negara Swiss

Negara Dengan Sistem Pemerintahan Terbaik di Dunia

Swiss merupakan negara terbaik dan paling aman di dunia. Negara yang berada di bagian tengah Eropa ini merupakan negara yang menjadi segala pusat keamanan dunia. Walau tidak punya pasukan militer sekuat amerika negara ini sangatlah netral dan bahkan dilindungi oleh negara-negara tetangganya. Yang unik lainnya dari negara yang terkenal akan pegunungan alpennya tersebut adalah sistem pemerintahan yang digunakan. Dikatatakan Swiss masuk dalam jajaran negara dengan sistem pemerintahan terbaik, itu artinya negara ini punya segala hal yang diimpikan negara manapun.

Dikatakan yang jadi presiden di Swiss tidaklah satu orang saja. Namun yang menjadi sosok presiden disana adalah suatu dewan Eksekutip yang bisa disebut juga Dewan Federal dimana anggotanya terdiri dari 7 orang dan semuanya di pilih oleh rakyat. Ketujuh orang tersebut dikatakan saling bergantian setiap tahunnya menjadi sosok no satu di negara tersebut, dalam hal ini mereka menjadi seorang presiden, wakil presiden dan sisanya menjadi menteri-menteri. Intinya yang mengurus semua kepentingan publik/teknis negara Swiss ya hanya 7 orang ini saja. 

Meskipun terlihat sangat ribet, namun sistem pemerintahan yang dilakukan Swiss ini sangatlah baik dan bahkan di Swiss sendiri sistem ini telah memberikan kesejahteraan kepada semua masyarakatnya. Bahkan indeks angka korupsi di negeri ini sangatlah rendah. Tak heran jika negara Swiss ini masuk dalam jajaran negara dengan sistem pemerintahan terbaik di Eropa dan juga Dunia.

Sistem Pemerintahan Terbaik Negara Swedia

Negara Dengan Sistem Pemerintahan Terbaik di Dunia

Negara yang berada di bagian utara Eropa ini merupakan salah satu negara monarki konstitusional dengan sisitem pemerintahan yang terbaik di Eropa dan juga dunia. Selain itu sistem lain yang digunakan Swedia dalam membangun dan membuat negara menjadi lebih baik lagi adalah demokrasi parlementer dimana monarki sebagai kepala negaranya. Swedia dikenal sebagai negara dengan sistem pemerintahan terbaik di dunia karena semua yang ada di Swedia adalah yang terbaik dan paling sukses di Eropa.

Swedia punya sistem terhadap jaminan sosial baik itu untuk kesehatan dan pendidikan yang terbaik di Eropa. Bahkan kualitas hidup masyarakat Swedia termasuk yang terbaik di dunia. Selain itu beberapa kota di negara tersebut termasuk ibu kotanya yakni kota Stockkholm termasuk dalam jajaran kota modern paling bersih dan paling baik untuk dijadikan tempat tinggal.

Sistem Pemerintahan Terbaik Negara Belanda

Negara Dengan Sistem Pemerintahan Terbaik di Dunia

Negara yang pernah menghabiskan 350 tahun di tanah Indonesia dan mengambil semua kekayaan Indonesia dengan paksa ini masuk dalam jajaran negara dengan sistem pemerintahan terbaik di Eropa maupun di dunia. Negara kecil di bagian barat Eropa ini sampai saat ini masih teguh dengan sistem pemerintahan negara yang bersifat monarki konstitusional. Dimana hanya raja yang berperan sebagai kaisar atau kepala negara. Adapun sistem monarki konstitusional yang dijalankan di Belanda ini menggunakan konsep trias politica atau politik tiga serangkai dimana konsep raja adalah cabang eksekutifnya.

Sistem pemerintahan Terbaik Negara Norwegia

Negara Dengan Sistem Pemerintahan Terbaik di Dunia

Sama seperti kebanyakan negara Eropa lainnya Norwegia sampai saat ini masih mengadopsi sistem pemerintahan yang bersifat monarki konstitusional. Dimana raja adalah kepala negaranya namun kekuasaan eksekutif dilaksanakan melalui suatu kabinet, dewan negara dan di pimpin oleh seorang perdana menteri. Meski demikian dewan negara yang menjalankan sistem negara tersebut masih dipilih oleh raja dan disetujui oleh storting (parlemen atau legislatif).

Storting dipilih oleh rakyat setiap empat tahun. Setelah pemilihan, ia membagi diri menjadi dua kamar. Seperempat dari anggotanya membentuk Lagting; sisanya membentuk Odelsting. Jika dua kamar ini tidak setuju pada undang-undang, dua pertiga mayoritas Storting diperlukan untuk pengesahan UU tersebut. Terlihat berbeda namun sistem pemerintahan yang dilakukan oleh negara ini termasuk yang terbaik di Dunia.

Sistem Pemerintahan Terbaik Negara Selandia Baru

Negara Dengan Sistem Pemerintahan Terbaik di Dunia

Negara yang bertetanggaan dengan Australia ini merupakan negara yang mengadopsi sistem pemerintahan Monarki Konstitusional dengan sistem parlemen. Negara ini dalam catatan sejarahnya mendapatkan kedaulatan sebagai negara dari negara Inggris di tahun 1840. Sama seperti negara Inggris, di Selandia baru ini tidak memiliki undang-undang dasar khusus yang mengatur negara. Adapun legislasi konstitusional di Selandia baru yang merupakan akumulasi dari undang-undang dan hukum-hukum tambahan. Meski demikian sistem pemerintahan negara Selandia baru dikatakan adalah yang terbaik di dunia.

Sistem Pemerintahan Republik Terbaik Finandia

Negara Dengan Sistem Pemerintahan Terbaik di Dunia

Terakhir negara yang dinobatkan sebagai negara dengan sistem pemerintahan terbaik di dunia adalah Finlandia. Dikatakan negara ini merupakan negara yang punya sistem pemerintahan yang merata padahal tak seperti beberapa negara sebelumnya sistem yang diadopsi negara Finlandia adalah demokrasi parlementer dimana sama seperti negara republik sosok presiden menjadi sosok no satu yang menjadi pemimpin negara.

Dalam prakteknya negara yang mendapatkan kemeredekaan dari Rusia pada 6 Desember 1917 ini melimpahkan semua kekuasaan sepenuhnya di tangan rakyat yang diwakilkan kepada parlemen. Sama seperti Indonesia untuk pemilihan anggota parlemen negara diselenggarakan pada tiap distrik dan orang yang terpilih dari setiap distrik tersebut akan mewakiliki distrik di parlemen. Namun, meski begitu sistem pemerintahan yang diadopsi Finlandia ini merupakan yang terbaik dari semua negara republik yang ada di dunia.

Selain terkenal akan sebutan negara dengan sistem pemerintahan terbaik, Finlandia juga dikenal sebagai negara maju yang punya sistem pendidikan nomor wahid di dunia. Sistem pendidikan yang dilakukan di negara ini merupakan yang terbaik di dunia. Tak heran negara di Eropa ini menjadi salah satu negara yang makmur dengan angka kesejahteraan paling tinggi di dunia. So kapan Indonesia nyusul seperti Finlandia??

Silahkan Jangan Lupa Tonton Juga :
Video Kasus Kasus Anak Durhaka yang Menggugat Ibu Kandung Ke Pengadilan
Dibawah ini :


Loading...
loading...

0 Response to "Negara Dengan Sistem Pemerintahan Terbaik di Dunia"

Post a Comment

Silahkan berkomentar Sesuai dengan Topik yang dibahas..