6 Tradisi Wanita Melamar Pria Paling Unik di Indonesia





Anakregular.com | Pria melamar wanita untuk di jadikan pasangan hidup adalah sesuatu yang tidak asing dan malah sudah sering dilakukan oleh para pria manapun. Anda pria jika tidak segera melakukan lamaran pada wanita pujaan hati adalah syarat wajib ketika Anda ingin meminang dan ingin membangun keluarga bahagia bersama pasangan. Namun apa jadinya jika yang terjadi malah wanita yang melamar pria bukan pria yang melamar wanita. Seperti yang dilakukan dalam tradisi wanita melamar pria paling unik di Indonesia berikut ini :

Sebagai negara yang kaya akan budaya dan ragam bahasa ini Indonesia punya banyak cara dalam mengekspresikan cinta dan kasih sayang kepada lawan jenis yang dicintai. Salah satunya adalah respon cepat yang dilakukan oleh para wanita di beberapa wilayah Indonesia yang langsung melamar pria tanpa harus menunggu di lamar oleh pria yang mereka cintai. Terbilang aneh, namun tradisi wanita melamar pria ini memang sudah ada dan sudah dilakukan oleh orang-orang terdahulu.

Unik bukan? Nah bagi yang penasaran dan masih belum percaya akan adanya fakta wanita melamar pria di Indonesia. Berikut kami informasikan deretan tradisi wanita melamar pria paling unik di Indonesia.

6 Tradisi Wanita Melamar Pria Paling Unik di Indonesia

Tradisi Wanita Melamar Pria Paling Unik di Indonesia


Tradisi Ngemblok - Rembang (Jawa Tengah)

Tradisi wanita melamar pria paling unik pertama di bumi kaya Indonesia datang dari daerah pesisir Rembang di Jawa Tengah. Dalam catatan sejarahnya tradisi ini sudah ada sejak dulu kala alias sudah lama sekali, dan masih bertahan sampai sekarang. Di Rembang sendiri khususnya di bagian pesisir paling timur, wanita melamar pria adalah hal yang selalu dilakukan setiap akan membina rumah tangga dan membuat keluarga kecil yang bahagia. Dikatakan kembali wanita disana lebih gesit dari prianya dalam artian wanita lebih berani melamar pria ketimbang sebaliknya.

Adapun alasan mengapa wanita lebih gesit dalam hal percintaan karena mereka sangat menghormati pria yang kelak akan menjadi pemimpin sekaligus suami di kehidupan keluarga mereka. Di Rembang sendiri sosok pria sangatlah di hormati, oleh mereka (wanita) para pria ini dianggap sebagai figur yang kuat dan bisa diandalkan. Seperti lelaki pada umumnya para pria akan selalu bekerja keras guna menghidupi keluarganya, apalagi bagi mereka yang tinggal di pesisir para pria akan lebih banyak menghabiskan sebagian waktunya di lautan untuk menjadi nelayan.

Wanita Melamar Pria di Trenggalek - Jawa Timur

Di sebuah daerah bernama Trenggalek di Jawa Timur seorang pria yang dikatakan sempurna dengan paras tampan akan menjadi rebutan para wanita untuk dijadikan pasangan atau suami di masa depan. Yaps di Trenggalek sana ada sebuah tradisi dimana para pria tampan akan menjadi incaran dan akan mendapatkan banyak lamaran pernikahan dari para wanita disana. Sungguh enak bukan.

Bagi pria tampan tersebut dan sudah memilih wanita mana yang akan di terima, maka keluarga dari calon wanita yang dipilih tersebut akan datang ke keluarga pria untuk melakukan proses lamaran. Tak kebalik yah!. Dalam hal ini biasanya para tetua keluarga akan berkumpul dan saling bercakap-cakap sambil menyampaikan maksud tujuan mereka datang bersama keluarga besarnya.

Dari cerita yang beredar di masyarakat tradisi wanita melamar pria paling unik di Indonesia ini dilakukan oleh wanita Trenggalek tak lepas dari dongeng atau cerita rakyat yakni Ande-Ande Lumut. Dikatakan dalam cerita tersebut pemuda (lelaki) yang punya paras tampan ganteng akan menjadi incaran banyak wanita sehingga lamaran akan sesegera mungkin dilakukan guna menghalangi wanita lain mendekati pria tersebut. Enak bener yah, so Anda yang merasa tampan silahkan hijrah kesana..

Mamaminang Tradisi Wanita Melamar Pria di Minangkabau (Sumatera)

Tradisi wanita melamar pria paling unik lainnya di tanah tercinta Indonesia adalah Mamaminang. Mamaminang sendiri merupakan sebuah tradisi lamaran yang sudah sejak lama dilakukan oleh masyarakat Minangkabau di Sumatera Barat sebelum melaksanakan upacara pernikahan. Dalam prakteknya keluarga wanita akan melamar pria idamannya yang kelak akan menjadi menantu di keluarga tersebut.

Mereka akan datang dengan segala yang mereka punya serta beberapa barang seserahan lengkap dengan cincin emas yang orang sana sepakati minimal 5 gram saja. Keluarga wanita akan datang untuk melakukan basa-basi yang intinya meminta anak laki-laki itu untuk dijadikan menantu. Kalau kelak keluarga laki-laki menerimanya dengan baik, mereka akan balik datang ke keluarga wanita untuk melakukan persetujuan sebelum prosesi selanjutnya diadakan hingga prosesi ijab kabul terucap.

Tradisi Wanita Melamar Pria di Lamongan - Jawa Timur

Terakhir budaya melamar pria yang dilakukan oleh wanita paling unik di Indonesia datang dari kota Lamongan Jawa Timur. Di daerah pesisir yang terkenal sangat panas ini punya sebuah tradisi yang sudah sejak lama dilakukan yakni wanita melamar pria sebelum menikah. Tak seperti yang di daerah lain lakukan dimana pria harus gesit dalam hal lamaran, di Lamongan ini malah si wanita yang harus siap bergerak di baris terdepan untuk mengamankan pria dalam hal ini melakukan lamaran pernikahan kepada pria yang mereka pilih. Enak sekali bukan si pria!

Dalam lamaran ini, tidak jarang wanita membawa seserahan cukup mahal berupa motor. Namun, ada juga yang cuma membawa baju dan juga cincin. Tingkat ekonomi menyesuaikan nilai seserahan yang diberikan pihak wanita. Oh ya, setelah wanita melamar, pihak pria akan bali datang untuk menyatakan persetujuan hingga upacara pernikahan bisa segera dilangsungkan.




Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com dengan judul "6 Tradisi Wanita Melamar Pria Paling Unik di Indonesia" Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.

0 Response to "6 Tradisi Wanita Melamar Pria Paling Unik di Indonesia"

Post a Comment

Silahkan berkomentar Sesuai dengan Topik yang dibahas..