5 Tokoh NU Paling berjasa Bagi Indonesia





Anakregular.com | Nahdlatul Ulama (NU) merupakan salah satu organisasi keagamaan paling besar dan punya pengaruh yang sangat signifikan bagi Indonesia. Bahkan salah satu dari anggota atau jebolan NU ini ada yang pernah menjadi orang no satu di Indonesia. Namun untuk saat ini, terlebih dalam perkembangan kasus penistaan agama di Indonesia, nama NU mulai di ungkit-ungkit ke permukaan.

Salah satu tokoh paling penting dari NU ini diangkat dan dipanggil untuk memberikan kesaksian di persidangan. Namun satu yang tak di suka oleh semua umat islam di Indonesia, pernyataan salah satu tokoh dari NU tersebut dianggap berbohong oleh tersangka. Padahal dalam jejak rekamnya, NU ini punya banyak sekali tokoh yang sangat berjasa bagi Indonesia. Bahkan di era sebelum dan sesudah merdeka tokoh tokoh dari Nu ini punya andil besar dalam mempertahankan dan menjadikan Indonesia merdeka seperti sekarang.

Lantas siapa saja tokoh NU paling berjasa bagi Indonesia? Berikut kami informasikan deretan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) paling berjasa bagi Indonesia, di sebelum dan sesudah Indonesia merdeka. Silahkan disimak :

Tokoh NU paling berjasa bagi Indonesia


1. KH Saleh Lateng

Tokoh NU paling berjasa bagi Indonesia pertama datang dari kota Banyuwangi, di tempat tersebut ada sosok anggota dari NU yang berjasa bagi kemerdekaan dan pembangunan Indonesia. Beliau adalah KH Saleh Lateng. Semasa hidupnya beliau dikenal sangat berani, dan bahkan bisa membangkitkan serta mengerahkan rakyat saat penyerbuan terbuka ke Surabaya. Selain itu setelah Indonesia merdeka, KH Saleh Lateng punya andil besar dalam proses pembangunan kementerian agama di Indonesia. 

5 Tokoh NU Paling berjasa Bagi Indonesia

Di awal berdirinya NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), KH, Wahid Hasyim selaku menteri agama Republik Indonesia yang pertama mencari kibat yang akan digunakan untuk pedoman pembentukan kementerian Agama. Dan ternyata kita yang dicari tersebut di pegang dan di simpan oleh KH Saleh Lateng. Mendengar kabar tersebut KH Saleh Lateng pun memberikan kitabnya pada KH, Wahid Hasyim. Namun sayang, dalam catatan sejarah nama KH Saleh Lateng tak banyak di kenal, bahkan jarang sekali di publikasikan, padahal jasa KH Saleh Lateng sangatlah besar bagi Indonesia.

2. KH R. As’ad Syamsul Arifin

Sepanjang hidupnya KH R. As’ad Syamsul Arifin pernah menjadi dewan penasihat Pengurus Besar Nahdlatul Ulam ahingga akhir hayat. Bilau pun merupakan sosok keturunan bangsawan yang didapatkan dari kedua orang tuanya yang juga masih satu keturunan dari sunan Ampel dan Sunan Kudus. Namun gelar pahlawan beliau dapatkan di era kepemimpinan Jokowi atau satu tahun yang lalu. 

5 Tokoh NU Paling berjasa Bagi Indonesia

Adapun jasa besar yang telah diberikan tokoh NU bagi Indonesia ini adalah keberaian KH R. As’ad Syamsul Arifin dalam mengusir penjajah yang sempat menguasai daerah tapal Kuda. Di masa penjajahan beliau mampu mengorganisir kelompk bandit di daerah pasuruan Lumajang, Probolinggo, Bondowoso, Situbondo, Jember dan Banyuwangi untuk diajak bekerja sama sampai akhirnya berhasil mengusir penjajah dari daerah daerah tersebut.

3. Asa Bafaqih

Nama Asa Bafaqih merupakan salah satu tokoh Nu paling berjasa bagi Indonesia. Semasa hidupnya beliau merupakan salah satu wartawan sekaligus diplomat yang sangat hebat di era kemerdekaan. Di golongan NU, beliau mendapat julukan atau panggilan Wan Asa yang artinya salah satu jurnalis media untuk Nahdlatul Ulama. Beliau juga pernah menjadi salah satu pimpinan redaksi media Antara. 

5 Tokoh NU Paling berjasa Bagi Indonesia

Di masa kemerdekaan Wan Asa, oleh Adam Malik di beri kepercayaan untuk menyisipkan berita tentang kemerdekaan Indonesia di kantor berita Jepang yang bernam Domei, kala itu sebelum berubah menjadi Antara. Atas jasa-jasanya tersebut, di awal pemerintahan preside Soekarno, Asa Bafaqih juga diangkat menjadi duta besar Indonesia untuk Srilangka, dan dalam mengemban tugas tersebut Asa Bafaqih dianggap sukses oleh banyak orang. 

4. KH Moh Tolhah Mansoer

Merupakan salah satu tokoh NU yang sangat berjasa bagi Indonesia. KH Moh Tolhah Mansoer merupakan sosok yang sangat familar dan bahkan Anda anak hukum pasti tahu dengan nama dari tokoh NU yang satu ini. Semasa hidupnya KH Moh Tolhah Mansoer dikenal sebagai ahli hukum tata negara di Indonesia terbaik. 

5 Tokoh NU Paling berjasa Bagi Indonesia

KH Moh Tolhah Mansoer merupakan sosok yang sangat ambisius sekaligus sangat berani menyuarakan pendapat terhadap sesuatu yang dianggap tidak beres dalam tubuh pemerintahan.  Adapun salah satu buku yang berjudul Pembahasan Beberapa Aspek Tentang Kekuasaan-Kekuasaan Eksekutif dan Legislatif Negara Indonesia menjadi salah satu karya yang menjadi rujukan banyak ahli hukum tatan negara lainnya. 

5. KH Idham Chalid

Terakhir tokoh NU paling berjasa bagi Indonesia dan punya pengaruh besar pasca kemerdekaan adalah KH Idham Chalid. Beliau merupakan sosok pemain politik paling berpengaruh di Indonesia. Mengawali karir di NU sejak tahun 1952 dengan aktif di gerakan pemuda Ansor, KH Idham Chalid menjelma menjadi salah satu tokoh yang punya karir cemerlang di bidang perpolitikan Indonesia. Beliau pernah menjabat sebagai menteri kesejahteraan Rakyat dan menteri Sosial di Era Soeharto. Selain itu beliau juga pernah menjadi ketua DPR, MPR, DPA serta wakil perdana menteri II pada kabinet Ali Sastroamidjojo.

5 Tokoh NU Paling berjasa Bagi Indonesia

Salah satu kelebihan lain dari sosok KH Idham Chalid adalah fasil dalam berbicara bahasa Asing, salah satunya bahasa Jepang. Dan karena kepasihannya tersebut, beliau selalu di tunjuk oleh Pihak Jepang sebagai penerjemah piihan dalam berbagai rangkaian pertemuan. Atas segala jasa yang telah beliau berikan untuk Indonesia, di tahun 2011 beliau mendapat gelar pahlawan di Era kepemimpinan SBY.





Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com dengan judul "5 Tokoh NU Paling berjasa Bagi Indonesia" Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.
Loading...

0 Response to "5 Tokoh NU Paling berjasa Bagi Indonesia"

Post a Comment

Silahkan berkomentar Sesuai dengan Topik yang dibahas..