Negara Dengan Jumlah Pengangguran Sarjana Terbanyak di Dunia





Anakregular.com | Menjadi seorang mahasiswa apalagi kuliah di kampus ternama tentu akan membuat orang tua senang bukan kepalang. Dengan kuliah ilmu pendidikan akan semakin bertambah dan diakhir yang bahagia kuliah akan memberikan nama baru dibelakang tanda pengenal kita. Yah gelar sarjana setelah empat tahun menghabiskan waktu untuk kuliah akan menentukan nasib kita di dunia pekerjaan. Namun sayang untuk saat ini mencari kerja hanya berbekal ijazah sarjana tidaklah cukup. Karena tak sedikit perusahaan yang menerima karyawan yang punya skill dan pengalaman dan tak menghiraukan pendidikan yang ditempuh.

Maka jangan heran, saat ini di hampir setiap negara masalah pengangguran terus menjadi isu nasional yang sulit diatasi. Mereka yang sudah bergelar sarjana pun sampai saat ini masih kesulitan mendapatkan pekerjaan yang layak sesuai pendidikan yang ditempuh. Memang gelar sarjana berpengaruh besar terhadap pekerjaan yang didapatkan. Namun tetap saja lapangan pekerjaan yang sedikit membuat kita tidak bisa memilah dan memilih pekerjaan apa yang sesuai dengan pendidikan kita. Pada akhirnya sarjana yang tak punya skill dan selalu berharap pekerjaan enak sesuai pendidikannya akan kalah dan tersisih dari dunia kerja.

Seperti yang terjadi pada negara-negara berikut ini, walau dunia pendidikannya sudah sedikit sangat maju dan lulusan sarjana setiap tahunnya selalu membludak namun dunia pekerjaan yang siap menampung para sarjana ini ternyata sedikit. Alhasil para sarjana ini menjadi pengangguran dan bisa dikatakan menjadi sampah masyarakat yang berpendidikan. Negara mana saja yang mengalami fenonema pengangguran sarjana terbanyak di dunia, silahkan simak dan lanjutkan membacanya..

Negara Dengan Jumlah Pengangguran Sarjana Terbanyak di Dunia


Negara Dengan Jumlah Pengangguran Sarjana Terbanyak di Dunia


1. Negara India - 50% Sarjananya menjadi Pengangguran

India merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia setelah Cina. India memang bukan negara maju sekelas cina namun dunia pendidikan di India adalah salah satu yang terbaik di Asia. Buktinya banyak sekali orang India dan lulusan dari India yang berhasil menjadi orang-orang penting di perusahaan ternama dunia. Namun sayang walau banyak yang berhasil, ternyata di negerinya sendiri lapangan pekerjaan ternyata sangat sulit di dapatkan oleh para sarjana muda. Yaps India saat ini tengah mengalami krisis lapangan kerja yang tak sehat, lapangan kerja sedikit namun sarjana muda setiap tahunnya terus bertambah.

Dikatakan saat ini sudah ada 50% jumlah sarjana di India yang menjadi pengangguran. Para sarjana ini seolah menjadi sampah masyarakat yang berpendidikan. Adapun yang mendapatkan pekerjaan namun tidak sesuai dengan pendidikan yang ditempuh. Karena itulah banyak pemudan dan sarjana-sarjana India yang lebih memilih merantau ke negara lain dengan harapan bisa mendapatkan pekerjaan layak sesuai dengan keahlian dan pendidikan yang di tempuh di bangku perkuliahan.

2. Negara Korea Selatan - 35% Sarjananya Menganggur 

Aneh rasanya mendengar jika Korea Selatan ternyata banyak penganggurannya. Padahal jika melihat dari ekonomi serta kedudukannya di dunia Korea Selatan merupakan negara maju terbaik di dunia. Bisa dikatakan Korea bersama Cina dan Jepang merupakan macan Asia yang siap menguasai dunia. Namun sayang beribu sayang fakta mengatakan ternyata Korea Selatan yang terkenal dengan budaya K-Pop nya tersebut sedang mengalami kesulitan terhadap penomena pengangguran.

Ya, di Korea Selatan yang konon katanya pendidikannya no satu di Asia ternyata 35% lulusan sarjananya tidak bisa mendapatkan pekerjaan. Dikatakan setiap tahunnya di Korea Selatan ada 410K pemuda diatas 20 tahun yang menganggur. Sungguh ironi bukan, Karena tak mau di sebut pengangguran tak sedikit pemuda Korea si sarjana yang baru lulus tersebut memilih pekerjaan yang tak sesuai dengan harapan dan pendidikan mahal yang ditempuh. Beberapa pekerjaan seperti pekerjaan paruh waktu menjadi alternatif para pemuda Korea untuk mendapatkan uang guna memenuhi kebutuhannya.

3. Negara Yunani - 20% Sarjananya Menganggur

Negara yang satu ini merupakan negara Eropa pertama yang diguncang isu kebangkrutan. Yunani memang punya hutang dunia yang dalam beberapa tahun terakhir sulit untuk membayarnya. Al hasil negara ini dilanda krisis ekonomi terparah di benua Eropa. Karena itulah tak heran jika banyak lulusan sarjana muda di Yunani yang mendapatkan imbasnya dengan tidak mendapatkan pekerjaan dan kini tengah menikmati hidup sebagai sarjana pengangguran. Dikatakan setidaknya ada 20% sarjana dan master di Yunani yang sampai saat ini sulit mendapatkan pekerjaan. 

4. Negara Spanyol - 15% Sarjananya Menganggur

Spanyol merupakan salah satu negara dengan jejak rekam sejarah paling panjang di dunia. Spanyol punya andil yang besar dalam pembentukan dunia sekarang ini. Namun seiring waktu berjalan Spanyol kini menjadi negara biasa dan sama derajatnya dengan negara lainnya. Negara yang saat ini menjadi negara sepakbola terbaik di tanah Eropa ternyata sedang dilanda kesusahan dalam memberikan pekerjaan bagi lulusan-lulusan sarjananya. Dikatakan hampir 15% lulusan sarjana di Spanyol tidak bisa mendapatkan pekerjaan, dan kini menjadi pengangguran yang merepotkan.

Adapun yang menyebabkan 15% lulusan sarjana di Spanyol sulit mendapatkan pekerjaan adalah karena Skill yang dimilik oleh sarjana mudah di Spanyol sangatlah rendah. So untuk bisa mendapatkan pekerjaan maka latihlah dan terus asah skill sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja yang keras itu.

5. Negara Turki 12% Sarjananya Menganggur

Banyak yang bilang jika Turki saat ini menjadi salah satu negara di Asia dan Eropa yang ekonominya sangat stabil. Banyak orang Eropa yang datang ke Turki untuk mendapatkan pekerjaan, namun fakta yang terjadi justru sebaliknya dibalik nama besarnya ternyata Turki juga punya masalah serius terhadap jumlah calon sarjana yang mereka hasilkan setiap tahunnya. Ternyata lulusan sarjana di Turki banyak yang sulit mendapatkan pekerjaan. Dikatakan sepanjang tahu 2016 saja setidaknya da 1 juta sarjana di Turki yang menganggur. Untuk itulah dikala orang-orang Eropa berbondong-bondong datang ke Turki untuk cari kerja, orang Turki sendiri malah keluar negeri dengan tujuan yang sama mencari pekerjaan untuk memenuhi semua kebutuhannya.

Nah kawan, mungkin itulah beberapa negara dengan jumlah pengangguran sarjana terbanyak di dunia. Apakah Indonesia juga termasuk? Mungkin Anda bisa melihatnya sendiri...




Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com dengan judul "Negara Dengan Jumlah Pengangguran Sarjana Terbanyak di Dunia" Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.

0 Response to "Negara Dengan Jumlah Pengangguran Sarjana Terbanyak di Dunia"

Post a Comment

Silahkan berkomentar Sesuai dengan Topik yang dibahas..