Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya Lengkap Terbaru doc dan PDF





Download lengkap kumpulan contoh soal psikotes dan jawabannya lengkap terbaru doc dan PDF disini. Seperti yang kita tahu bahwasanya psikotes adalah salah satu syarat yang harus di lalui oleh orang-orang yang akan masuk kerja atau sekolah. Dalam beberapa kesempatan mereka yang ingin masuk kerja atau masuk kampus ternama harus mengikuti tes psikotes sebelum benar benar di terima. 
Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya Lengkap Terbaru doc dan PDF
Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya Lengkap Terbaru doc dan PDF
Apalagi bagi yang sedang mencari pekerjaan tentu psikotes ini adalah hal yang wajib Anda kuasai. Secara umum soal psikotes ini adalah berupa tes logika gambar (soal logika tes), psikotes deret gambar, tes logika penalaran, tes psikotes aritmatika, tes psikotes mencocokkan gambar, dan tes psikotes yang lainnya.

Hampir semua perusahaan, sekolah, dan Universitas selalu memasukkan tes psikotes ini untuk menyeleksi calon pekerja atau siswa/mahasiswa baru yang akan diterima. Apalagi perusahan besar seperti PT, Bank, BUMN, BUMD, Indomaret, Alfamart dan lainnya sudah pasti selalu akan melakukan test psikotes kepada colon-calon baru yang melamar ke perusahaan tersebut. 

Karena itulah mengetahui contoh soal psikotes dan cara-cara untuk menjawab nya harus Anda kuasai. Karena soal psikotes sangatlah berbeda dengan soal ujian biasanya. Selalua da jebakan yang mungkin akan membuat Anda salah saat menjawabnya. 

Oleh sebab itulah dalam kesempatan ini, kami akan membagikan beberapa contoh soal psikotes terbaru lengkap dengan jawaban/pembahasannya. Anda bisa downlaod kemudian pelajari di lain waktu yang sangat santai. 

Namun sebelum mendownload contoh soalnya. Alangkah baiknya Anda tahu dulu tentang apa itu Psikotes dan tips-tips mengerjakan soal psikotes yang benar, tepat dan cepat dibawah ini.

Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya Lengkap Terbaru doc dan PDF


Pengertian Psikotes :

Secara bahasa psikotes berasal dari kata physico yang artinya mental fisik dan test yang berarti tes yang artinya tes/ujian. Sedangkan secara istilah psikotes ini diartikan sebagai sebuah metode yang dilakukan untuk memperoleh hasil kontrol psikologi dari orang-orang yang menjalani tes dengan alat atau sistem khusus yang hanya dijalankan oleh ahli di bidang nya. 

Dalam hal ini tes psikotes sangat berkaitan erat dengan sikap/watak seseorang yang dilihat dari sisi intilegent (kecerdasan), interest (ketertarikan, attitude (sikap) dan personality (kepribadian).

Dalam prakteknya soal-soal psikotes di buat berbeda dengan soal ujian biasanya. Dan bahkan untuk jawaban psikotes ini tidak ada yang sama. Karena bisa jadi semua jawaban yang tertera di soal psikotes punya nilai yang berbeda-beda. Beberapa contoh soal psikotes bahkan ada yang di selipkan unsur komponen kata atau kalimat yang berkaitan dengan sikap dan pribadi seseorang. 

Soal psikotes di buat bukan untuk melihat potensi akademik melainkan untuk melihat bagaimana sikap dan cara diri dalam memecahkan suatu masalah. Maka tak heran jika pengetahuan dan hapalan yang selama ini Anda ingat selama bersekolah ketika mengerjakan soal psikotes hapalan tersebut tidak banyak membantu dalam hal jawabannya.

Tips Mengerjakan Soal Psikotes yang Baik Benar Tepat dan Cepat :


Mengerjakan soal psikotes tentu harus sedang prima dan pikiran Anda pun harus jernih. Mengerjakan soal psikotes memerlukan konsentrasi lebih. Nah dibawah ini kami bagikan beberapa tips mujarab agar Anda bisa mengerjakan soal psikotes dengan baik benar tepat dan cepat. Silahkan dibaca dan di pahami yah.
  1. Sebelum mengerjakan soal psikotes esok hari ada baiknya Anda mengistirahatkan badan. Istirahat sangatlah penting. Ingat selalu jangan begadang apalagi banyak pikrian sebelum Anda berangkat untuk melakukan test psikotes. Ada baiknya, pagi hari sebelum test, usahakan Anda makan/sarapan secukupnya agar tidak lapar saat test berlangsung. Intinya tips pertama mengerjakan soal psikotes ini Anda hasus sehat fisik dan mental 100% sebelum mengerjakan soal test-test psikotes yang lumayan banyak itu
  2. Membiasakan diri sedini mungkin untuk melatih kemampuan otak dengan cara mempelajari dan berlatih dengan cara menjawab beberapa soal psikotes. Nah untuk soal psikotes bisa Anda download nanti dibawah. 
  3. Tips lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan bertanya kepada teman atau kerabat yang pernah mengikutu psikotes. Hal ini akan berguna bagi persiapan Anda. Karena bisa jadi Anda sudah punya gambaran dari teman atau kerabat Anda tentang soal-soal psikotes yang akan dikerjakan.
  4. Selalu teliti saat mengerjakan soal psikotes. Sudah menjadi kebiasaan orang selalu langsung melihat ke soal psikotes tanpa membaca dulu prosedur yangd perintahkan. Ada baiknya Anda baca dulu dengan seksama perintah atau intruksi setiap soalnya. Jangan sekali-kali deh Anda mengabaikan perintah dan intruksi tersebut karena bisa jadi jawaban di soal psikotes ini bergantung pada intruksi yang ada di soal tersebut.
  5. Selalu tulis dengan JELAS dan PAS nama Anda di kolom nama agar hasil tes psikotes tak tertukar. Karena dalam beberapa kasus sering terjadi banyak para calon yang lupa menuliskan nama di kolom nama yang tersedia. Karena itulah usahakan Anda untuk selalu tepat waktu datang ke tempat test atau bisa lebih awal sebelum test dimulai. Agar pikiran jernih dan mental pun siap untuk mengerjakan soal-soal psikotes yang lumayan banyak itu.
  6. Selalu perhatikan waktu pengerjaan soal. Jika memang Anda sudah selesai mengerjakan semua soal psikotes dan waktu masih tersisa banyak jangan buru buru untuk di kumpulkan. Periksa lagi jawaban serta data-data apakah sudah benar dan yakin. Jangan buru buru karena bisa jadi akan ada beberapa keselahan yang tak sadar Anda lakukan saat mengerjakan soal psikotes.

Jenis-Jenis Soal Test Psikotes yang selalu digunakan :

Test Logika Aritmatika / Soal Deret Matematika

Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya Lengkap Terbaru doc dan PDF

Dari namanya saja sudah terlihat, soal psikotes jenis ini selalu melibatkan beberapa deret angka. Tujuan dari soal ini adalah untuk mengukur kemampuan calon pelamar dalam menganalisa dan memahami pola-pola tertentu. Adapun beberapa tips mengerjakan soal psikotes logika aritmatika adalah sebagai berikut :

Fokus Anda jangan hanya tertuju pada deret ukur atau deret hitung dalam perhitungan saja. Anda harus bisa dan jeli melihat secara keseluruhan angka yang ada sebab dalam soal tes bagian ini, empat atau lima buah angka saja masih belum cukup menghasilkan sebuah jawaban yang benar. Paham?

Pola umum yang bisa dipakai dalam soal test psikotes jenis ini biasanya berurutan, kelompok urut atau kelompok loncak. Karena itulah meski dalam mode fokus no jutsu Anda juga harus tetap ingat bahwa waktu untuk mengerjakan soal psikotes itu tak sebanyak yang dibayangkan. Sebagai gambaran dibawah ini adalah conotoh soal psikotes logika aritmatika/deret matika, silahkan pelajari.

Jika 16, 8, 4, 2, 1, 1/2, x, y
Maka Jawabannya untuk x dan y adalah?
Perhatikan angka pertama dan kedua, bisa pengurangan 8 atau hasil dari setengah angka pertama (x 1/2). Lihat angka kedua dan ketiga. Jika pengurangan 8, seharusnya angka ketiga adalah 0, sedangkan di soal adalah 4. Berarti memang dibagi setengah.
Maka x adalah 1/2 x 1/2 = 1/4
dan y adalah 1/4 x 1/2 = 1/8

Tes Logika Penalaran/Soal Deret Gambar

Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya Lengkap Terbaru doc dan PDF

Untuk tes ini biasanya terdiri dari deret gambar 2 atau 3 dimensi. Tujuannya sama dengan deret angka namun bedanya hanya menggunakan gambar saja. Tips mengerjakan soal psikotes seperti ini yaitu, konsentrasi, perhatikan bentuk, dan warna pada gambar. Anda wajib berhati-hati sebab kadang ada gambar yang bentuknya sama, tapi warnanya full, atau cuma diarsir dan ada pula yang polos tak berwarna.

Tes Analog Verbal

Tes psikotes tipe seperti ini biasanya di bagian umumnya terdiri dari 40 soal. Pertanyaannya pun beragam dan terkadang selalu berkaitan dengan sinonim, analog, atau antonim kata. Tujuan tes ini ialah untuk mengetahui kemampuan logika seseorang dalam suatu keadaan atau kondisi serta melihat bagaimana seseorang memahami kondisi sebab-akibat dari sebuah masalah. Adapun tips mengerjakan tes ini ialah Anda harus banyak mengetahui perbaendaharaan kosakata dan mengerti apa artinya. Tips kedua yaitu Anda harus sering membaca contoh soal jika memiliki kesulitan dalam menghafal sebab kadang soalnya cuma itu-itu saja.

Jenis test psikotes lainnya :
  • Test kemampuan verbal
  • Test sinonim (persamaan kata)
  • Test anonim (lawan kata)
  • Test Analogi
  • Test acak kata
  • Pengelompokan kata
  • test Kemampuan Numerikal
  • Test matematika dasar
  • Test kemampuan penalaran
  • Test kemampuan logika penalaran
  • Test kemampuan spesial
  • Test paper dan pencil
  • Test Baum Tree
  • Test draw a person
  • Test house tree person
  • Tes pauli kreapelin
  • Tes warteg
  • DLL
Contoh-Contoh Soal Psikotes dan Jawaban/Pembahasannya Lengkap semua jenis :

Tiba di akhir yang sangat penting, dibawah ini adalah beberapa contoh soal psikotes beserta jawabannya dengan format doc dan pdf. Mulai dari soal psikotes kerja dan jawabannya, contoh soal psikotes matematika, contoh soal psikotes sma, contoh soal psikotes gambar, contoh soal psikotes umum dan lain sebagainya. Silahkan Anda download saja jika memang benar-benar butuh dan berguna contoh soal psikotes yang kami bagikan ini.
  1. Contoh Soal Psikotes Umum dan Jawabannya bagian pertama.pdf (Download)
  2. Contoh Soal Psikotes Umum dan Jawabannya bagian kedua.pdf (Downlaod)
  3. Contoh Soal Psikotes Umum dan Jawaban bagian ketiga.pdf (Download)
  4. Contoh Soal Psikotes Umum dan Jawaban bagian keempat.pdf (Download)
  5. Contoh Soal Psikotes Gamar dan Jawabannya.doc (Download)
  6. Contoh Soal Psikotes Kemampuan Verbal dan Jawabannya.doc (Download)
  7. Contoh Soal Psikotes Numeritikal dan Jawabannya.doc (Download)
  8. Contoh Latihan Test Psikotes Gambar bagian 1.doc (Download)
  9. Contoh Latihan Test Psikotes Gambar bagian 2.doc (Download)
  10. Contoh Soal latihan Psikotes Deret Gambar.doc (Download)
  11. Contoh Soal Psikotes Antonim.pdf (Download)
  12. Contoh Soal Psikotes Sinonim.pdf (Download)
  13. Contoh Soal Psikotes Arismetik.pdf (Download)
  14. Contoh Soal Test Psikotes Logika Angka.pdf (Download)
  15. Contoh Soal Test Psikotes Logika Arismetik.pdf (Download)
  16. Contoh Soal Test Psikotes Logika Formil.pdf (Download)
Nah mungkin itulah kiranya daftar contoh-contoh soal psikotes dan jawabannya lengkap terbaru doc dan pdf yang bisa kami bagikan. Semoga Anda paham dan bisa mengerjakan soal psikotes di lain kesempatan. Bagi yang sudah keterima tahap awal dan besok mau test psikotes semoga soal-soal dan tips psikotes diatas bisa membantu. Selamat berjuang dan semoga berhasil yah kawan..





Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com dengan judul "Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya Lengkap Terbaru doc dan PDF" Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.
Loading...

0 Response to "Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya Lengkap Terbaru doc dan PDF"

Post a Comment

Silahkan berkomentar Sesuai dengan Topik yang dibahas..