Ini Dia 6 Teknologi Asal Cina yang Guncang Dunia

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa negara Cina merupakan salah satu negara, yang sejak zaman dahulu memiliki keunggulan dalam berbagai bidang. Banyak temuan dan bukti sejarah, yang menjadi saksi bisu betapa negara Cina merupakan salah satu bangsa tertua, dengan berbagai kemajuan dari zaman ke zaman. Salah satunya ialah dalam bidang teknologi.

Hingga saat ini, negara yang berjuluk Negeri Tirai Bambu tersebut menjadi salah satu negara, yang sangat inovatif dalam bidang teknologi. Negara Cina sudah banyak menciptakan teknologi canggih, yang bahkan belum ada di negara lain. Beberapa teknologi canggih, yang telah diciptakan oleh ilmuan-ilmuan asal Cina, bahkan sempat mengguncang dunia.

Nah dalam artikel kali ini akan kita ulas, mengenai beberapa teknologi canggih buatan ilmuan-ilmuan asal Cina, yang menjadi sorotan negara lain. Karena merupakan teknologi canggih pertama di dunia yang diciptakan. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, berikut ini ulasannya:

- Bulan Buatan

Proyek Bulan Buatan Milik Cina

Demi menerangi jalan umum di malam hari, sekelompok ilmuan yang berasal dari Cina, berencana akan meluncurkan sebuah bulan buatan pada 2020 mendatang. Sejatinya, bulan buatan ini adalah sebuah satelit yang mampu memantulkan kembali cahaya matahari ke bumi, dengan bantuan lapisan reflektif yang terdapat pada satelit tersebut.
Baca Juga: 5 Aplikasi Android Terbaik Tuk Jaga Keamanan Rumahmu
Hebatnya, bulan buatan tersebut diklaim dapat bersinar delapan kali lebih terang, dari pada bulan yang asli. Sayang, benda yang bakal mengorbit pada jarak kurang lebih 500 kilometer ini, tidak bisa menerangi langit malam di seluruh belahan bumi.

- Matahari Buatan

Proyek Matahari Buatan Milik Cina

Selain bulan buatan, para ilmuan asal Institut Fisika Plasma Cina juga telah berhasil menciptakan energi dari proses fusi nuklir, dimana proses tersebut biasanya terjadi pada matahari. Tim ilmuan dari Institut Fisika Plasma Cina, telah mengumumkan bahwa plasma pada proyek yang diberi nama Experimental Advanced Superconducting Tokamak (EAST) tersebut, telah mencapai 100 juta drajat Celsius.

Diketahui, suhu tersebut enam kali lebih panas dari matahari asli, yang hanya memiliki suhu 15 juta derajat Celsius. Adapun manfaat dari proyek ini, ialah untuk menjadi sumber produksi energi dalam skala besar, dengan emisi gas rumah kaca nol dan sama sekali tidak ada buangan radioaktif.

- Modifikasi Cuaca di Bumi

Proyek Modifikasi Cuaca Cina

Selama beberapa abad belakangan, memodifikasi cuaca merupakan salah satu hal, yang dianggap mustahil untuk dilakukan. Namun, Cina menjadikan modifikasi cuaca ini sebagai salah satu wacana besar, yang ingin mereka wujudkan di masa depan. Dengan terwujudnya teknologi ini, diharapkan dapat mengurangi intensitas terjadinya bencana alam, serta mendorong perkembangan dalam dunia pertanian.

Untuk proyek satu ini, Cina telah menggelontorkan dana sekitar 762 juta Yuan (lebih dari satu triliun rupiah), untuk menyelesaikan pengerjaan modifikasi cuaca, yang setiap tahunnya meningkat hingga 19 persen.
Baca Juga : 7 Prediksi di Bidang Teknologi yang Terbukti Meleset
- Transit Elevated Bus

Proyek Transit Elevated Bus

Bus ini pertama kali diperkenalkan pada China Beijing International High-Tech Expo. Transit Elevated Bus (Bus Layang) diklaim dapat menampung hingga 1200 penumpang per bus. Kendaraan bermotor dapat melewati kolong dari bus layang ini, sehingga bus ini tidak akan mengganggu pengendara lain, serta tidak terpengaruh dengan kepadatan jalan.

- Li-Fi

Proyek Light Fidelity Cina

Salah satu cara memenuhi kebutuhan internet sehari-hari ialah dengan menggunakan Wi-Fi. Namun di Cina sana, kamu bisa menggunakan internet melalui jaringan, yang dipancarkan oleh cahaya lampu LED. Teknologi yang carakerjanya mirip Wi-Fi ini bernama Li-Fi (Light Fidelity). Meskipun dipancarkan melalui cahaya lampu LED, namun dengan Li-Fi kamu dapat menikmati jaringan internet, dengan kecepatan mencapai 150 mbps.

- Mobil Amuba

Proyek Roewe I-Unit 2025 Cina

Tahukah kamu, bahwa sebuah perusahaan otomotif asal Cina yakni Sugar Chow, telah membuat sebuah rancangan desain mobil unik yang dapat membelah diri layaknya amuba. Karyanya tersebut diberi nama Roewe I-Unit 2025 Concept. Secara harfiah, Roewe I-Unit 2025 Concept merupakan perwujudan dua mobil yang menjadi satu.
Baca Juga : 5 Aplikasi Android Terbaik tuk Ringankan Pekerjaan Rumah
Dikatakan, saat mobil ini terpisah (membelah diri), masing-masing bagian mampu beroperasi secara mandiri. Hal tersebut dikarenakan, kedua bagian dari mobil ini terdiri dari sebuah roda depan besar, dan dua roda kecil yang tersembunyi di bawah body bagian belakang. Uniknya, tidak ada pintu yang terpasang pada mobil ini, dengan tujuan untuk mempermudah akses masuk dan keluar.

Sumber: www.teknologicanggih.com

Comments

Silahkan berkomentar Sesuai dengan Topik yang dibahas..